5 Tips Untuk Kulit Sehat

tips kulit sehat

Perawatan kulit bisa menjadi tugas yang sangat berat saat anda mulai melihat berbagai macam produk skincare yang tersedia. Mulai dari pembersih dan toner, eksfoliator dan pelembab, ditambah semua perawatan wajah di klinik. Jadi tidak heran jika banyak dari kita menjadi bingung mengenai apa yang harus dilakukan dan produk mana yang seharusnya kita gunakan. Bagi anda yang ingin memiliki kulit sehat, berikut merupakan tips untuk mendapatkan kulit yang sehat. Penasaran dengan tips kulit sehat? Yuk, simak informasi berikut!

Tips Kulit Sehat

1. Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan salah satu tips perawatan yang penting dan wajib menjadi bagian rutinitas mingguan anda. Proses eksfoliasi memiliki manfaat berbagai manfaat untuk kesehatan kulit. Pertama, membantu membuka sumbatan dan meminimalkan tampilan pori-pori. Kemudian menghilangkan kotoran atau kotoran yang tertinggal di permukaan waja. Selain itu, membantu mempersiapkan kulit anda untuk produk apa pun yang anda pilih untuk dipakai setelahnya. Dengan menghilangkan sel kulit mati dan kotoran, produk perawatan apapun dapat menembus kulit dengan baik dan efektif.

Anda dapat melakukan perawatan eksfoliasi setidaknya dua hingga tiga kali per minggu. Tetapi jenis eksfoliator yang anda pilih dan frekuensi penggunaannya akan tergantung pada jenis kulit Anda. Anda dapat melakukan eksfoliasi secara fisik atau kimia dengan beberapa produk perawatan kulit. Exfoliant fisik menggunakan bahan abrasif yang bermanfaat untuk membantu mengangkat sel kulit mati dari permukaan wajah. Sedangkan exfoliant kimiawi menggunakan zat seperti asam atau enzim untuk melarutkan sel-sel mati yang tertinggal di kulit wajah.

2. Double Asam Hyaluronic

Asam hialuronat secara alami ditemukan dalam tubuh kita sebagai elemen utama dari jaringan ikat di dalam kulit, tulang rawan, sendi, dan mata. Fungsi utama asam hyaluronic yaitu untuk melumasi sendi dan menghidrasi kulit. Sayangnya, kadar asam hialuronat alami kita mulai menurun sekitar usia 40 tahun, sehingga dapat menyebabkan hilangnya kelembaban dan volume kulit. Oleh karena itu, anda dapat mengoleskan asam hialuronat ke wajah anda untuk melembabkan kulit wajah.

Adapun cara mudah untuk memperbaiki penampilan kulit anda di tahun mendatang adalah dengan menggandakan aplikasi asam hialuronat. Anda dapat menerapkan satu lapisan dan membiarkannya kering sebelum menerapkan lapisan kedua produk. Kulit anda dapat lebih kering di bulan-bulan musim dingin dan asam hialuronat bertindak sebagai air untuk menghidrasi kulit.

3. Double Cleansing

Salah satu tips kulit sehat yaitu dengan melakukan double cleansing. Double cleansing dipopulerkan oleh negara Korea Selatan. Anda dapat melakukan praktik double cleansing tersebut di malam hari. Adapun prosesnya yaitu dengan mencuci wajah sebanyak dua kali. Pertama yaitu dengan menggunakan pembersih berbasis minyak. Kedua yaitu dengan pembersih berbasis air khusus sesuai dengan jenis kulit. Produk pembersih minyak sangat efektif dalam melarutkan riasan yang sulit dihilangkan dan menghilangkan polutan lingkungan dari permukaan kulit. Pembersih berbasis minyak juga dapat menghilangkan minyak berlebih dari permukaan kulit dan menyeimbangkan produksi minyak. Selain itu, dengan menghilangkan kotoran di permukaan, pembersihan awal ini memungkinkan pembersih lanjutan meresap lebih dalam ke pori-pori dan membersihkan wajah dengan lebih efektif.

Produk pembersih kedua yaitu berbasis air. Produk tersebut memiliki berbagai macam jenis dan lebih spesifik sesuai dengan tipe kulit, diantaranya yaitu normal, berminyak, jerawat, kering, kombinasi, sensitif, atau bahkan penuaan. Pencucian tahap kedua ini berfungsi untuk menghilangkan kotoran atau residu yang tertinggal dari produk pembersih minyak dan membuat wajah tampak bersih.

4. Gunakan Minyak Wajah

Bagi anda yang ingin menjaga kesehatan kulit, anda dapat menggunakan minyak wajah sebagai solusi permasalahan kulit. Salah satu fungsi minyak bagi kulit antara lain: membantu di bulan-bulan musim dingin karena membantu mengunci kelembaban, memberikan nutrisi ekstra pada kulit, membantu mengisi kembali penghalang alami kulit, menjaga kulit tetap segar dan sehat.

Kulit yang menua atau lapuk dapat terlihat kusam dan kering. Hal tersebut karena kulit anda secara alami menghasilkan lebih sedikit minyak di kondisi tersebut. Jadi, menggunakan minyak dapat membantu meningkatkan kelembaban dan membuat warna kulit lebih bercahaya.

Minyak juga berfungsi sebagai pelindung dan melindungi wajah anda dari polutan eksternal atau elemen berbahaya lainnya. Apabila anda mengoleskan minyak menjelang akhir rangkaian perawatan kulit, maka minyak tersebut akan bertindak sebagai pelindung dan penghalang pada lapisan luar kulit.

5. Memenuhi Asupan Cairan

Salah satu hal yang paling penting dalam menjaga kulit agar tetap sehat yakni dengan memenuhi asupan cairan. Anda wajib minum air putih yang cukup untuk menjaga kelembaban kulit. Minum air yang cukup dapat menghidrasi kulit. Untuk memenuhi asupan nutrisi tubuh, anda dapat meminum air putih sebanyak 8 gelas atau setara 2 liter sehari. Air putih memiliki berbagai manfaat, diantaranya yaitu membantu tubuh membuang racun yang menempel di organ, termasuk kulit. Selain itu, dapat mengurangi masalah jerawat di kulit.

Semoga tips kulit sehat tersebut bermanfaat bagi anda. Semoga tips kulit sehat tersebut dapat membantu anda menjadi percaya diri dan siap untuk menjalani perawatan kulit. Anda juga dapat melakukan perawatan di salon atau klinik kecantikan untuk mendapatkan hasil perawatan kulit yang maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.