Apakah Eksfoliasi Dapat Mengatasi Jerawat?

Eksfoliasi

Pernahkah anda mengalami masalah jerawat? Saat jerawat muncul di kulit, tentunya kita akan melakukan apa saja untuk menghilangkannya. Untuk mengatasi masalah jerawat, banyak yang menggunakan cara eksfoliasi berupa scrub wajah sebagai langkah pertama. Eksfoliasi dapat mengelupas kulit kering dan bersisik, membersihkan pori-pori, dan membantu anda mendapatkan kulit yang lebih segar dan cerah. Tapi apakah pengelupasan membantu jerawat atau memperburuknya? Eksfoliasi kulit cukup efektif membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menyebabkan munculnya jerawat. Namun, eksfoliasi juga dapat memperburuk jerawat kronis atau kistik jika tidak dilakukan dengan lembut dan benar.

Penting untuk mengidentifikasi penyebab jerawat dan melakukan eksfoliasi berdasarkan kondisi kulit Anda saat ini. Pori-pori yang tersumbat bukan satu-satunya penyebab munculnya noda di wajah. Jerawat disebabkan oleh perubahan hormonal, kebiasaan diet, dan obat-obatan tertentu. Salah satu pemicu ini dapat menyebabkan komedo, komedo putih, dan kista atau benjolan. Tingkat keparahan dan frekuensi jerawat Anda akan menentukan metode perawatan  kulit apa yang tepat untuk Anda.

Selain itu, untuk menangani masalah jerawat, anda perlu mengetahui jenis eksfoliasi kulit mana yang paling cocok untuk jenis kulit anda. Terakhir, pertahankan rejimen perawatan kulit secara teratur dan ikuti tips ahli kecantikan untuk mengeksfoliasi wajah anda secara teratur agar kulit anda tetap sehat.

Manfaat Eksfoliasi Untuk Kulit Rawan Jerawat

Mau tahu cara eksfoliasi wajah yang berjerawat? Anda dapat menggunakan metode chemical exfoliant pada kulit berjerawat. Metode chemical exfoliant sangat bermanfaat untuk membantu meminimalkan bakteri, membersihkan permukaan kulit, dan mempertahankan manfaat minyak alami kulit. Metode ini menawarkan hasil yang lebih efektif daripada eksfoliasi mekanis, yang berfokus pada jenis alat eksfoliator yang digunakan untuk mengelupas kulit mati. Menggunakan sikat kulit atau sarung tangan penggosok dapat menyebabkan iritasi atau kemerahan lebih lanjut pada seseorang yang memiliki masalah jerawat.

Ketika pori-pori tersumbat, pori-pori cenderung membuatnya tampak lebih besar karena mengembang untuk diisi dengan kotoran. Eksfoliasi kimia biasanya mengandung bahan-bahan seperti AHA atau asam salisilat BHA yang bermanfaat untuk pengelupasan kulit Anda dan meminimalkan munculnya pori-pori.

Mengidentifikasi Jenis Jerawat

Jerawat dapat muncul di mana saja di tubuh, tetapi sebagian besar muncul di wajah. Jerawat memiliki berbagai tingkatan dan dapat mempengaruhi kulit dengan cara yang berbeda. Dengan mengetahui berbagai tingkat jerawat, anda dapat menentukan cara terbaik untuk memerangi jerawat dengan metode eksfoliasi kulit. Komedo putih dan komedo hitam adalah jenis jerawat yang paling umum. Permasalahan kulit satu ini terbentuk dari kombinasi minyak, sel kulit mati, dan bakteri yang terperangkap di pori-pori.

Komedo sering muncul di sepanjang batang hidung dan karena terbuka di permukaan kulit, oksigen mengubah kotoran menjadi hitam. Kedua bentuk ini dapat muncul secara berkala atau berkembang menjadi jerawat yang menyakitkan dan sulit untuk dihilangkan. Ketika kulit menjadi meradang, papula, nodul, dan kista mungkin muncul. Ini lebih besar dalam penampilan dan sering mengandung nanah.

Pada dasarnya, eksfoliasi adalah perawatan utama untuk semua jenis dan masalah jerawat, tetapi tingkat jerawat yang berbeda akan merespons dengan cara yang berbeda. Tips mengatasi jerawat adalah menggunakan jenis eksfoliasi berdasarkan apa yang tepat untuk jenis kulit anda dan kondisinya saat ini.

Perbedaan Eksfoliasi Untuk Kulit Berminyak, Kering, dan Kombinasi

Untuk kulit berjerawat, eksfoliasi kimiawi adalah cara yang tepat. Produk perawatan kulit dengan bahan kimia dan enzim tertentu bekerja untuk membantu melarutkan sel kulit mati dan menghilangkan bakteri. Jika anda sering berjerawat atau cenderung memiliki kulit berminyak, lakukan eksfoliasi dua hingga tiga kali seminggu untuk melawan penumpukan kotoran dan bakteri. Untuk kulit kering atau kombinasi, eksfoliasi tidak perlu dilakukan sesering mungkin.

Kulit kering kurang rentan terhadap jerawat tetapi tetap mendapat manfaat dari eksfoliasi kulit untuk menghilangkan area kulit yang terkelupas dan memperbaiki teksturnya. Gunakan exfoliator sekali atau dua kali seminggu sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit biasa. Sedangkan untuk kulit kombinasi, lakukan eksfoliasi dua hingga tiga kali per minggu tergantung pada apakah kulit anda mengarah ke sisi yang lebih berminyak atau lebih kering.

Tips Eksfoliasi untuk Membantu Melawan Jerawat

Berikut merupakan tips eksfoliasi untuk membantu masalah jerawat.

Pertama adalah pilihlah produk perawatan kulit yang tepat. Pilih satu dengan bahan yang melawan jerawat dan bakteri seperti asam salisilat untuk melihat hasil yang lebih baik. Pilihlah vitamin dan peningkatan enzim seperti yang ditemukan dalam produk perawatan jerawat kami untuk melindungi dan menyehatkan kulit.

Kedua, bersikap lembut pada wajah. Jerawat bisa membandel dan membutuhkan waktu untuk mengobati dan menyembuhkannya. Mungkin tergoda untuk menggosok komedo putih dan komedo hitam pada kulit. Selalu cuci tangan terlebih dahulu menggunakan gerakan melingkar di sekitar wajah untuk menghilangkan  komedo.

Ketiga, uji area kecil kulit terlebih dahulu, terutama bagi anda yang memiliki kulit sensitif. Saat menggunakan produk atau teknik baru, mulailah dari yang kecil dan meningkatkannya. Hal tersebut untuk mengetahui bagaimana kulit anda bereaksi dan menentukan apakah anda perlu mengganti eksfoliator atau metode. Jika perawatan tersebut membuat anda tidak nyaman, sakit atau menyebabkan jerawat semakin parah, konsultasikan segera dengan dokter kulit anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Keempat, tetap konsisten dengan perawatan kulit anda. Jangan hanya mengandalkan eksfoliasi saat kulit sedang mengalami kondisi paling ekstrim. Anda dapat mengurangi frekuensi eksfoliasi kulit dan melakukan rutinitas perawatan kulit seperti biasa.

Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat bagi Anda sekalian, tetap konsultasikan permasalahan kulit Anda pada professional. Salam Sehat dan Cantik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.