Kenali Cara Merawat Wajah Berminyak Kusam Dan Berjerawat

Para wanita harus memahami cara merawat wajah berminyak kusam dan berjerawat. Sebab, pada dasarnya wajah berminyak akan lebih mudah tumbuh jerawat yang bisa menyebabkan wajah kusam. Namun tidak perlu khawatir, berikut cara merawat wajah berminyak kusam dan berjerawat yang benar:

Cari tahu penyebabnya

Iklim tropis di Indonesia juga turut berkontribusi menjadi penyebab wajahmu berminyak. Tidak hanya faktor iklim, faktor lain seperti genetik, diet yang salah, stress, dan ketidakstabilan hormone juga bisa menyebabkan wajah berminyak. Bagi wanita, wajah yang berminyak sangat mengganggu penampilan, karena bisa menyebabkan kusam dan muncul jerawat. Oleh karenanya penting mengetahui cara merawat wajah berminyak kusam dan berjerawat.

Gunakan cleanser yang tepat

Kamu yang mempunyai kulit berminyak, gunakanlah sabun muka yang mengandung asam salisilat dan asam glikolat, agar tidak membuat wajah kusam dan tumbuh jerawat.

Menggunakan toner

Cara merawat wajah berminyak kusam dan berjerawat selanjutnya yaitu menggunakan toner yang mengandung asam salisilat. Produk yang mempunyai kandungan tersebut terbukti ampuh mengangkat sel kulit mati, menyeimbangkan pH kulit, membersihkan pori-pori, dan mencegah timbulnya peradangan.

Menggunakan pelembab

Memiliki kulit berminyak juga harus tetap menggunakan pelembab loh. Jika Kamu sering skip penggunaan pelembab, tak heran jika kulitmu semakin berminyak. Cara merawat wajah berminyak kusam dan berjerawat yaitu memilih produk pelembab dengan label non-comedogenic dan oil free.

Menggunakan retinol

Kandungan vitamin A pada produk retinol terbukti ampuh untuk mengecilkan pori-pori, menstabilkan produksi minyak wajah, mencerahkan, bahkan menghaluskan kulit.

Gunakan handuk baru setiap hari

Handuk yang sudah terpakai akan mudah ditumbuhi berbaga jenis bakteri. Oleh karenanya penting menggunakan handuk wajah yang baru setiap hari, agar wajahmu tidak mudah muncul jerawat. Alternatif lain yaitu menggunakan tisu untuk mengelap wajah seusai mencuci muka.

Itulah beberapa cara merawat wajah berminyak kusam dan berjerawat yang wajib dipahami. Tidak hanya cara merawatnya, Kamu juga harus paham urutan pemakaian skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat agar tidak tampak kusam. Berikut informasinya untuk Kamu:

Double cleansing

Pemilik wajah berminyak harus melakukan double cleansing pada pagi dan malam hari. Sebaiknya gunakan produk cleanser berbahan gel dan air, hindari penggunaan remover berbahan minyak, karena dapat membuat mukamu semakin berminyak. Setelah membersihkan sisa make up dan kotoran menggunakan micellar water, Kamu harus mencuci muka menggunakan facial wash dengan formula yang mengandung antioksidan.

Untuk kulit berminyak dan berjerawat, Kamu bisa menggunakan produk Lacoco Ultimate Golden Swallow Facial Foam. Kandungan sarang burung waletnya terbukti ampuh membersihkan kotoran hingga ke pori-pori terdalam. Tidak hanya itu, kandungan biosulfur di dalamnya juga terbukti ampuh mencegah munculnya jerawat di wajah.

Hydrating toner

Setelah melakukan double cleansing, usahakan selalu menggunakan toner untuk mengembalikan pH kulit. Untuk kulit berjerawat sebaiknya gunakan toner dengan kandungan tea tree dan witch hazel. Tidak hanya berfungsi untuk mengembalikan pH kulit setelah tahap double cleansing, toner juga berfungsi menyiapkan kulit agar siap menerima rangkaian skincare selanjutnya.

Serum

Agar kulit berjerawat tidak tampak kusam, gunakanlah serum yang mengandung hyaluronic acid. Kandungan ini tidak hanya terbukti ampuh mengatasi masalah jerawat, tapi juga membantu menutrisi kulit dari luar.

Pelembab

Kulit yang berminyak dan berjerawat tidak boleh skip penggunaan pelembab, karena produk ini berfungsi mengunci kelembapan kulit wajah. Sebaiknya gunakan produk pelembab berbentuk gel, agar tidak banyak menghasilkan sebum/minyak pada wajah.

Eksfoliasi

Penyumbatan pada pori-pori akibat sisa make up dan kotoran yang menumpuk, dapat memicu tumbuhnya jerawat. Oleh karenanya, Kamu harus rajin melakukan eskfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati agar tidak menyumbat pori-pori.

Sunscreen

Pemilik kulit berminyak dan berjerawat sangat dianjurkan menggunakan sunscreen yang berlabel non-comedogenic. Penggunaan sunscreen berfungsi untuk menangkal sinar UV dan radikal bebas yang memicu permasalahan kulit.

Itulah beberapa cara merawat wajah berminyak kusam dan berjerawat yang benar. Imbangi dengan pola hidup sehat, yaitu mengkonsumsi makanan bergizi, minum air putih, dan istirahat yang cukup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *