Kulit Gatal Gatal? Yuk Ketahui Cara Mengobati dan Menghindarinya

Cara Mengobati Kulit Gatal

Gatal-gatal pada kulit cukup mengganggu aktivitas. Hal yang paling sering dilakukan adalah menggaruk kulit. Menggaruk kulit bisa memperparah dan menyebabkan luka pada kulit. Ada berbagai faktor yang menyebabkan kulit gatal, salah satunya yaitu reaksi alergi. Tahukah anda? Menggaruk kulit yang gatal sebenarnya tidak disarankan karena bisa memicu masalah kulit lainnya, seperti kulit kering, bersisik, dan muncul luka. Menggaruk kulit yang gatal hanya akan memperparah kondisi kulit. Untuk mengatasi kulit gatal, berikut merupakan beberapa cara mengobati kulit gatal .

1. Oleskan Lidah Buaya

Salah satu cara untuk mengobati kulit gatal yakni dengan memanfaatkan tanaman lidah buaya. Tanaman tersebut memiliki segudang khasiat yang baik untuk kulit. Gel lidah buaya sangat baik untuk membantu meredakan iritasi akibat kulit gatal atau kulit kering. Lidah buaya juga membantu melembabkan dan menjaga hidrasi kulit. Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya secara langsung pada kulit gatal. Untuk menghindari terjadinya alergi, anda harus menguji reaksi alergi sebelum mengoleskannya. Anda dapat mencobanya dengan mengoleskan sedikit lidah buaya ke telapak tangan. Apabila tidak terjadi reaksi alergi atau iritasi, anda dapat mengoleskannya ke bagian yang gatal.

2. Manfaatkan Oatmeal 

Oatmeal tidak hanya digunakan sebagai sarapan, namun juga untuk mengatasi kulit gatal. Oatmeal memiliki sifat humektan yang dapat melembapkan kulit. Cara untuk mengaplikasikan oatmeal yakni dengan mencampurkan oatmeal yang berbentuk krim koloid ke dalam air mandi. Oatmeal juga mengandung zat antioksidan dan anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa gatal, kulit kering, atau kulit kasar.

3. Manfaatkan Kunyit

Kunyit mengandung senyawa aktif berupa kurkumin yang memiliki sifat anti inflamasi dan bakterisida. Senyawa ini berfungsi untuk mengobati peradangan, gatal, dan alergi pada kulit. Cara menggunakan ramuan kunyit yakni dengan menumbuk kunyit hingga halus. Kemudian oleskan hasil tumbukan tersebut ke kulit. Setelah menunggu hingga beberapa menit, bilas dengan menggunakan air hangat. Anda juga dapat mengatasi gatal dengan minum larutan kunyit dengan campuran sedikit minyak atsiri. Ramuan tersebut dapat menyembuhkan efek ruam pada kulit.

4. Kompres Dengan Es Batu

Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kulit gatal yakni dengan mengompres kulit menggunakan es batu. Kompres bagian kulit yang gatal dengan es batu dan diamkan hingga beberapa menit. Cara tersebut bisa membantu meringankan gejala gatal pada kulit. Cobalah untuk meletakkan kantong es atau es batu yang telah dilapisi kain ke permukaan kulit yang gatal.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Gatal pada kulit juga bisa terjadi karena kurangnya cairan dalam tubuh atau yang biasa dikenal dengan dehidrasi. Salah satu cara mengobati kulit gatal adalah memperbanyak konsumsi air putih. Banyak minum air putih juga dapat membantu meringankan gejala gatal pada kulit.

6. Oleskan Minyak Kelapa 

Salah satu cara mengobati kulit gatal yakni dengan mengoleskan minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki sifat anti inflamasi yang dapat digunakan untuk mengatasi kulit gatal. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa minyak kelapa ampuh dalam mengatasi masalah kulit, termasuk gatal akibat alergi. Selain memiliki sifat anti inflamasi, minyak kelapa juga bisa menghilangkan rasa sakit karena peradangan. Anda dapat mengoleskan minyak kelapa di bagian kulit yang gatal. Minyak kelapa juga berperan dalam meningkatkan kadar antioksidan yang berfungsi untuk mengatasi radikal bebas dan peradangan pemicu gatal-gatal.

7. Jaga Kelembaban Kulit

Kulit kering juga menjadi salah satu penyebab terjadinya gatal. Untuk mencegah hal tersebut, anda wajib menjaga kelembaban kulit dengan mengoleskan krim atau lotion. Selain itu, anda juga dapat memperbanyak konsumsi air putih. Pelembab kulit paling baik digunakan setelah mandi, karena kondisi kulit masih agak lembab. Selain itu, jangan lupa untuk melembabkan kulit dengan pelembab sesuai dengan jenis kulit anda.

8. Hindari Pemicu Iritasi

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan iritasi dan memicu rasa gatal pada kulit. Diantaranya yaitu penggunaan air panas, perubahan suhu dan kelembaban, produk perawatan kulit yang mengandung pewangi, pewarna, atau zat kimia tertentu, kain wol dan serat sintetis, dan tanaman stress. Untuk menghilangkan reaksi gatal kulit karena alergi, pastikan untuk meminimalkan kontak dengan sumber pemicu alergi.

9. Gunakan Obat Penghilang Gatal

Apabila berbagai cara menghilangkan rasa gatal pada kulit tersebut belum berhasil, anda bisa mencoba untuk minum obat. Pada umumnya, obat kulit gatal mengandung hidrokortison yang dapat mengatasi gatal pada kulit. Obat oles ini bekerja dengan cara menghambat respons peradangan pada tubuh sehingga menenangkan kulit yang gatal. Selain itu, anda juga bisa minum obat antihistamin untuk mengatasi gatal akibat alergi. Akan tetapi, banyak obat antihistamin yang bisa menimbulkan efek samping berupa mengantuk. Oleh karena itu, anda dapat meminum obat ini saat sebelum tidur.

10. Berhenti Menggaruk

Salah satu cara untuk mengatasi kulit gatal yakni dengan berhenti menggaruk. Menggaruk tidak bisa menghilangkan reaksi gatal. Menggaruk berlebihan justru membuat kulit lecet dan iritasi. Saat kulit anda terasa gatal, upayakan untuk tidak menggaruknya dan mengatasinya dengan cara lain.

Meskipun gatal pada kulit bukan masalah kesehatan serius, namun kulit gatal juga bisa menjadi tanda penyakit tiroid, ginjal, hati, bahkan kanker. Bagi anda yang memiliki masalah kulit gatal selama lebih dari dua minggu berturut-turut, anda wajib berkunjung ke dokter kulit. Demikian merupakan beberapa cara mengobati kulit gatal. Semoga informasi tersebut bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.