5 Bahan Aktif Toner Wajah, Bikin Kulit Auto Glowing Termasuk?

beragam manfaat toner wajah melembapkan dan menyembuhkan

Toner merupakan salah satu produk perawatan kulit wajah yang formulanya berfungsi untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah.

Sebenarnya perawatan wajah ini dapat dimaksimalkan bukan hanya dengan melakukan perawatan di rumah sendiri, melainkan pergi ke klinik kecantikan, seperti pergi ke Klinik Kecantikan Depok.

Biasanya toner berguna untuk kulit berjerawat, tapi tidak sedikit juga toner yang masih memiliki kandungan alkohol tinggi, bahkan membuat kulit terasa sangat kering.

Oleh karena itu, industri kecantikan mengeluarkan banyak sekali jenis toner yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan kulit.

Seperti toner yang dapat mengangkat kotoran dan minyak, menutrisi kulit, sampai memulihkan kondisi kulit berjerawat.

Saat memilih toner wajah yang tepat, langkah terbaik Anda adalah menghindari formula dengan bahan keras yang dapat mengiritasi kulit Anda atau menyebabkan masalah yang ada muncul. Berikut daftar singkat bahan yang harus dihindari:

1. Hindari Alkohol

Jangan pernah memilih produk skin care apapun yang memiliki kandungan alkohol yang tinggi. Alkohol dapat mengakibatkan kulit terasa sangat kering bahkan pecah-pecah.

Apalagi jika kulit Anda merupakan kulit sensitif, maka reaksinya juga akan lebih cepat saat berkontak langsung dengan alkohol.

Kecuali jika alkohol digunakan untuk hand sanitizer, tentu ini tidak apa-apa.

2. Hindari Fragrance

Istilah “fragrance” sering digunakan pada produk dengan label campuran berbagai bahan kimia dan bahan pewangi biasa dirahasiakan. Tentu ini menjadi masalah, karena bisa “menjebak” para konsumernya.

Fragrance dapat memancing masalah seperti alergi kulit, dermatitis, gangguan pernapasan, dan potensi efek negatif pada sistem reproduksi.

Hindari produk skin care dengan bahan fragrance yang berat. Bahan alami fragrance biasanya menggunakan mawah, mentimun, dan shea butter.

3. Hindari Phthalate

Phthalate adalah pengawet murah yang umum digunakan untuk memperpanjang usia simpan produk dan membantu produk menembus kulit.

Masalahnya bahan kimia ini sering dikaitkan dengan obesitas, infetilitas, malformasi reproduksi, kanker payudara, dan masalah kardiovaskular.

Formula Toner dan Gunanya Untuk Kulit

Bertahun-tahu lalu, produk toner masih terbatas jumlah di pasarnya. Bahkan fungsinya hanya sekadar untuk mengobati jerawat dan mengontrol produk minyak pada wajah.

Produk-produk toner tradisional ini mengandung tinggi sekali alkohol, sehingga dianggap buruk karena membuat kulit terlalu kering dan pecah-pecah.

Tujuan toner hari ini sudah sangat berbeda. Berbagai jenis toner sudah tersedia di pasaran dengan fungsi yang berbeda-beda tergantung dengan formula yang diberikan.

Manfaat toner yang sangat banyak ini tentu membuat konsumernya harus lebih pintar memilih jenis toner mana yang cocok untuk kulit.

Berikut ini beberapa jenis bahan toner alami terbaik untuk kulit wajah Anda:

1. Air Mawar

Salah satu bahan perawatan kulit yang sangat efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Kemampuan air mawar dapat menghidupkan kembali kulit dan menutrisinya.

Toner dengan bahan dasar air mawar dapat melembapkan kulit dan menjaga keseimbangan pH kulit Anda.

2. Hyaluronic Acid

Hyaluronic Acid menjadi sangat populer di industri kecantikan karena kemampuannya yang ajaib mengunci kelembapan pada kulit.

Salah satu fungsi toner adalah melembapkan wajah, sehingga bahan ini juga dimasukkan ke dalam formula hydrating toner.

Bukan hanya untuk kulit kering, toner dengan bahan Hyaluronic Acid juga dapat melembapkan wajah kulit berminyak tanpa membuat wajah semakin berminyak.

3. Teh Hijau

Teh Hijau terkenal dengan sifat aktioksidannya, sehingga mampu untuk mengatasi kulit berjerawata dan sebagai zat anti-aging.

Toner wajah dengan kandungan teh hijau dapat memperbarui kulit, membuat kulit terasa lebih lembut dan halus.

4. Aloe Vera

Bahan alami ini terkenal karena sifatnya yang dapat melembapkan dan menenagkan kulit, terutama untuk kulit sensitif yang mudah kemerahan.

Aloe Vera juga bisa digunakan pada kulit yang baru saja mengali sun burn, sehingga akan menenangkannya.

Menggunakan toner berbahan lidah buaya dapat memberikan dorongan hidrasi tanpa menambahkan minyak pada wajah, sehingga dapat mengontrol minyak pada kulit berminyak.

5. Witch Hazel

Bahan satu ini sangat bagus untuk menghilangkan minyak berlebih, sehingga pori-pori akan terbuka dan tidak lagi tersumbat minyak dan kotoran.

Witch Hazel juga membantu meratakan warna kulit, sehingga sangat cocok untuk kulit kusam. Saat bahan ini dipasangkan dengan produk lain dengan daya hydrating, seperti lidah buaya, perawatan kulit akan menjadi lebih maksimal.

Manfaat Toner Bagi Wajah

Toner bisa berfungsi sebagai pembersih wajah, dan juga bisa berfungsi sebagai pelembap wajah sekaligus! Terbukti kalau toner memiliki daya tahan kuat dalam hal perawatan kulit.

Jadi sebenarnya apa yang dilakukan toner pada kulit wajah sehingga menjadi salah satu produk skin  care yang wajib dimiliki? Berikut ulasannya!

1. Toner Mengecilkan Pori-pori

Toner wajah membantu mengecilkan pori-pori kulit, sehingga membuatnya tampak lebih halus dan rata. Pori-pori tersumbat akan mengikat kotoran dan sel kulit mati.

Dengan toner, pori-pori tersebut akan lebih terbuka, sehingga membuat permukaan kulit yang lebih halus, lembut, dan bersih.

2. Menyeimbangkan pH Kulit

Kulit secara alami bersifat asam, tetapi beberapa sabun wajah pembersih memiliki sifat basa, sehingga dapat mengganggu kesimbangan pH alami pada kulit.

Dengan menggunakan toner setelah membersihkan wajah, maka pH kulit tersebut dapat lebih seimbang dan mengaturnya ke tingkat normal pH kulit kita.

3. Hidrasi Kulit

Toner wajah berbentuk hydrating toner, terutama dengan bahan dasar mawah atau lidah buaya, dapat menghidrasi kulit sekaligus membuat kulit terasa lebih tenang.

Dengan begitu, kemampuan kulit untuk menyerap kelembapan dari moisturizer, cream, serum, atua bahan aktif lainnya menjadi lebih maksimal.

nutrisi yang sering dihilangkan oleh pembersih, menghasilkan kulit yang lebih halus dan lebih seimbang.

Penutup

Sekian artikel pembahasan tentang 5 bahan aktif toner yang bisa membuat kulit wajah glowing yang sering kita lakukan. Mulai dari sekarang mungkin sudah saatnya untuk lebih teliti lagi dalam merawat wajah kita.

Selain melakukan perawatan wajah di rumah, mungkin Anda bisa pergi ke Klinik Kecantikan Depok, untuk memperoleh perawatan wajah yang lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *