8 Manfaat Vitamin C Untuk Kulit, Rambut, dan Kesehatan Anda

manfaat vitamin c

Ketika sedang sakit, imun tubuh pun melemah. Untuk menaikkan imun tubuh, hal yang harus kita lakukan adalah menjaga pola makan dan istirahat yang cukup. Selain itu, untuk menjaga imun agar tetap stabil, kita perlu mengonsumsi suplemen tambahan. Salah satu suplemen yang cukup banyak yang dimanfaatkan yakni suplemen dengan manfaat vitamin C.

Vitamin C termasuk dalam kelompok vitamin yang larut air. Tubuh kita tidak mampu memproduksi vitamin C secara langsung. Oleh karena itu, anda dapat mengatasinya dengan memenuhi kebutuhan vitamin C harian dari asupan makanan. Anda dapat menemukan vitamin C di aneka buah dan sayur.

Vitamin C memiliki manfaat yang beragam bagi kesehatan. Vitamin C tidak hanya bermanfaat untuk menjaga sistem imun tubuh, tetapi juga kulit dan rambut. Penasaran dengan manfaat vitamin C? yuk, simak ulasan berikut!

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C sangat berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Cara kerja vitamin C dalam menjaga kekebalan tubuh yaitu dengan mendorong produksi sel darah putih yang disebut fagosit dan limfosit. Sebagai antioksidan, vitamin C juga melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga membantu tubuh dalam pertahanan kulit. Vitamin C juga dapat membantu kulit menghalau bakteri, jamur dan mikroba penyebab penyakit.

2. Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Kencang

Vitamin C dapat anda temukan di lapisan dermis dan epidermis kulit. Vitamin C berperan penting dalam produksi kolagen. Kolagen yakni protein utama yang membentuk struktur kulit. Produksi kolagen dapat menurun akibat radikal bebas dan penuaan. Untuk mencegah tanda-tanda penuaan, anda harus mengonsumsi vitamin C.

Vitamin C dapat membantu mengurangi keriput pada kulit, menurunkan kerusakan serat protein, dan mengurangi kekusaman kulit. Selain itu, vitamin C juga diperlukan untuk mengurangi risiko kulit kering. Vitamin C dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan mempertahankan kesehatan pembuluh darah di bawah kulit.

3. Mencegah Anemia Defisiensi Besi

Salah satu manfaat vitamin C yaitu mencegah anemia defisiensi besi. Anemia defisiensi besi merupakan penyakit yang terjadi pada sel darah merah saat tubuh tidak memiliki cukup zat besi. Sel darah merah memerlukan zat besi untuk mengikat oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Anda dapat mencegah dengan memenuhi kebutuhan vitamin C. Asam askorbat bekerja dengan cara meningkatkan penyerapan zat besi, khususnya sumber nabati yang zat besi.

4. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Jika anda memiliki riwayat penyakit hipertensi, anda dapat menambahkan makanan vitamin C ke dalam rutinitas harian. Penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin C dapat membantu menurunkan tekanan darah. Menurut jurnal The American Journal of Clinical Nutrition, suplemen vitamin C bisa menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 4,9 mmHg dan diastolik sebesar 1,7 mmHg. Agar lebih optimal, anda dapat mengimbanginya dengan menurunkan asupan garam.

5. Menurunkan Kolesterol

Vitamin C sangat bermanfaat bagi penderita penyakit kolesterol tinggi. Beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi vitamin C sebanyak 500 mg per hari dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida. LDL dan trigliserida adalah kolesterol jahat yang bisa memicu pembentukan plak pada pembuluh darah. Vitamin C sangat membantu menjaga agar kadar kolesterol tetap terkendali.

6. Membantu Mencegah Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat disebabkan oleh kadar asam urat tinggi dalam darah. Asam urat tersebut membentuk kristal pada persendian sehingga berpotensi menyebabkan nyeri dan bengkak. Asam askorbat dapat mencegah kondisi asam urat.

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi suplemen vitamin c selama 30 hari dapat menurunkan kadar asam urat darah secara drastis. Seseorang yang rutin mengkonsumsi suplemen vitamin C berisiko terkena penyakit asam urat 44% lebih rendah.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan alami. Antioksidan adalah zat yang melindungi berbagai sel tubuh dari efek radikal bebas. Tanpa perlindungan antioksidan, tubuh lebih rentan mengalami kerusakan akibat radikal bebas. Kerusakan tersebut mulai dari penyakit jantung, pengerasan pembuluh darah, hingga kanker. Asupan vitamin C secara tidak langsung dapat berpotensi mengurangi risiko penyakit.

8. Menjaga Kesehatan Rambut

Vitamin C memiliki manfaat untuk kesehatan rambut. Vitamin C dapat membantu tubuh anda menyerap zat besi non-heme, mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan rambut kering dan kusam.

Asupan vitamin C sangat penting untuk mencegah kerusakan folikel pada rambut. Vitamin C juga dapat mencegah rambut mengalami kerontokan yang berimbas pada kebotakan dini. Menurut National Institutes of Health, mengonsumsi vitamin C kurang dari 10 mg sehari dapat menyebabkan daya tubuh kurang optimal dan masalah kesehatan pada rambut. Rendahnya asupan vitamin C dapat menyebabkan akar rambut menjadi rapuh dan mempengaruhi pertumbuhan rambut.

Demikian merupakan manfaat vitamin C bagi kesehatan. Bagi anda yang ingin menjaga kesehatan tubuh, anda dapat mengonsumsi vitamin C secara rutin. Anda dapat mengonsumsi vitamin C secara langsung pada buah dan sayur. Selain itu, anda juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin C sebagai nutrisi tambahan. Yuk budayakan hidup sehat dengan mengonsumsi vitamin C!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.