Berbagai Manfaat Kopi Dijadikan Masker dan Scrub Kulit

manfaat kopi untuk penuaan kulit

Manfaat kopi biasanya digunakan untuk memulai pagi memberikan semangat memulai hari baru, bahkan meningkatkan konsentrasi belajar.

Di Indonesia sendiri, produksi kopi menjadi lancer karena dukungan iklim tropis di Negara Nusantara ini.

International Coffee Organization (ICO) mencatat, produksi kopi di Indonesia bisa mencapai 12,1 juta kantong berukuran 60 kilogram pada tahun 2020.

Dari data tersebut, Indonesia menjadi Negara terbesar ke-4 di dunia sebagai Negara yang memproduk kopi.

Di samping manfaat kopi untuk menambah energy pagi, kopi juga turut digunakan sebagai bahan produk kecantikan karena manfaatnya yang luar biasa untuk kulit.

Berikut ini manfaat kopi untuk kecantikan kulit wajah kita.

1. Anti-Aging

Kopi dengan kafeinnya memilki tingkat antioksidan yang kuat. Antioksidan penting untuk mengurangi kerusakan akibat radikal bebas pada kulit.

Radikal bebas tersebut menyebabkan penuaan pada kulit. Anda bisa menggunakan kopi sebagai masalah kulit satu ini.

Gunakan biji kopi yang sudah disangrai, lalu aplikasikan sebagai masker wajah.

2. Menenangkan Kulit

Bubuk kopi bekas mengandung kadar lipid yang tinggi. Studi 2013, menemukan minyak yang diekstrasi dari biji kopi meningkatkan produk sebum dan meningkatkan hidrasi.

3. Exfoliator

Menggunakan manfaat kopi bubuk bersama minyaknya, dapat menjadi exfoliator wajah.  Bubuk kopi tidak akan larut dalam cairan dan tidak terlalu abrasive untuk merusak kulit.

Bubuk kopi bisa mengelupas sel-sel kulit mati lapisan terluar kulit Anda.

4. Kopi untuk Selulit

Manfaat kopi hebat lainnya adalah mengurangi tampilan selulit pada kulit. Kafein adalah akunci atas mengurangi selulit tersebut, karena kemampuannya melancarkan peredaran darah.

Cara penggunaan kopi untuk mengatasi selulit, Anda bisa menggunakan kopi untuk dijadikan scrub kulit.

5. Memudarkan Dark Circle

Manfaat kopi dapat memudarkan dark circle pada area mata,, menurut Baverly Hills MD Comeceuticals. Disebabkan karena kafein bisa melebarkan pembuluh daraj yanh berkontribusi untuk dark circle.

Cara menggunakan kopi untuk mata panda:

  • Campurkan ½ sendok the bubuk kopi dengan minyak zaitun. Tambahkan beberapa tetes air untuk membuatnya menjadi pasta.
  • Pelan-pelan tempelkan pada area mata, tanpa menggosoknya
  • Diamkan masker selama 10 menit
  • Bilas dengan air lalu tepuk-tepuk perlahan dengan kain lembut.

6. Perawatan Kulit Setelah Terpapar Matahari

Manfaat kopi bisa digunakan setelah kulit terpapar sinar matahari, artinya dengan kopi, kemerahan atau sunburn pada wajah bisa memudar.

Berikut ini cara membuat kopi untuk sunburn:

1, Tuang kopi ke secangkir gelas, cairkan dengan air dingin

2, Tempatkan kain lembut pada air dingin kopi tersebut. Peras air berlebih.

3, Perlahan tekan pada wajah yang terkena sunburn

4, Ulangi terus sampai kemerahan memudar

Manfaat Kopi Sebagai Scrub Kulit Pandangan Sains

Kafein dalam kopi dapat melebarkan pembuluh darah, mengencangkan efek stimulasi kafein dengan meningkatkan aliran darah.

Kopi juga kaya akan aktioksidan, fungsinya untuk mencerahkan kulit sehingga tampak lebih sehat. Efek lain dari lulur kopi adalah pengelupasan alami sel kulit mati.

Meskipun tampilan selulit tidak bisa hilang sepenuhnya, namun dapat memperbaiki tampilannya, massage juga dapat membantu.

Ketika dikombinasikan dengan retinol, karnitin, dan bahan lainnya, kafein ditemukan meningkatkan ketebalan epidermis (lapisan atas kulit).

Efek seperti itu dicapai dengan produk kosmetik yang mengandung kafein, tetapi bukan kopi secara alami.

Sebuah studi serupa pada krim kosmetik lain yang mengandung kafein menghasilkan pengurangan selulit dan lingkar. Sekali lagi, tidak ada kopi dalam produk.

Dari hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan lebih banyak uji klinis diperlukan. Tidak ada penelitian sampai saat ini yang melihat efek scrub kopi, khususnya, dalam mengobati selulit.

Cara Membuat Scrub Kopi

Kombinasikan bubuk kopi dengan air panas, aduk sampai mencapai tekstur yang diinginkan. Bisa tambahkan minyak kelapa atau zaitun ke dalamnya.

Aplikasikan scrub kopi ke area kulit dengan selulit, perlahan lakukan pijatan dengan jari-jari Anda. Bisa juga gunakan kain lembut.

Setelah dipihak beberapa menit, bilas dan bersihkan. Idealnya, Anda dapat membersihkan sisa-sisa kopi sambil Anda mandi.

Anda dapat menggunakan scrub kopi ini setial beberapa kali dalam seminggu.

Resep Membuat Masker Kopi

Berbagai bahan campuran resep membuat masker kopi dapat Anda temukan di internet, Anda bisa memilih resep yang sesuai dengan tipe kulit Anda.

Pastikan percampuran bahan kopi dengan bahan lainnya, merupakan bahan non-comedogenic, artinya tidak akan menyumbat pori-pori wajah Anda.

Berikut salah satu resepnya:

1, Campurkan bahan dengan takaran sama minyak zaitun dengan kopi bubuk

2, Aplikasikan pada wajah dengan gerakan memutar

3, Diamkan masker selama 15 -60 menit

4, Bilas dengan air hangat. Masker ini dapat digunakan hingga 3 kali dalam seminggu.

Kesimpulan

Dari berbagai manfaat kopi yang sudah dijelaskan untuk kulit Anda, penggunaan bahan perawatan wajah butuh waktu untuk mendapatkan hasilnya.

Bahan alami juga tidak selalu aman untuk kulit, apalagi kulit sensitive. Anda bisa mengkonsultasikan dengan dokter kulit terlebih dahulu jika ingin aman.

Jangan pernah menggosok-gosok kulit secara kasar karena kulit harus dipelakukan dengan lembut. Kebiasaan ini juga dapat membuat kulit iritasi.

Jika anda ingin melakukan perawatan wajah maupun kulit anda bisa melakukannya di Tempat Facial Gunung Putri yaitu D’She D’Beauty Aesthetics, Disini anda bisa mendapatkan berbagai layanan perawatan yang menarik.