7 Jenis Makanan Agar Kulit Halus

Jenis Makanan Agar Kulit Halus

Bagi anda yang ingin mendapatkan kulit cerah dan bersinar, anda wajib menjaga kulit dengan mengonsumsi makanan yang bagus untuk kesehatan kulit. Makanan yang sehat memiliki nutrisi penting seperti protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Ada berbagai jenis makanan agar kulit halus, sehat dan cerah. Penasaran? Yuk simak uraian berikut!

1. Alpukat

Alpukat termasuk buah yang bagus untuk kesehatan kulit. Buah tersebut memiliki sumber lemak sehat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Menurut British Journal of Nutrition, buah alpukat memiliki lemak sehat yang dapat membuat kulit terasa kenyal dan elastis. Selain itu, alpukat juga memiliki beberapa senyawa yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Buah alpukat kaya akan vitamin E dan C yang berfungsi sebagai sumber antioksidan untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, buah alpukat juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang berperan dalam memperbaiki warna kulit.

2. Ikan Berlemak

Salah satu jenis makanan yang bagus untuk kulit adalah ikan berlemak. Beberapa contoh ikan berlemak yang baik untuk kesehatan kulit yaitu salmon, mackerel, dan herring. Ikan berlemak mengandung asam omega-3 yang baik untuk kesehatan kulit. Ikan salmon dan mackerel kaya akan vitamin E yang baik sebagai sumber nutrisi untuk kulit. Asupan vitamin E yang cukup dapat membantu melindungi kulit anda dari kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan.

Ikan berlemak juga mengandung zinc, yakni jenis mineral yang dapat mengendalikan peradangan, memproduksi sel kulit baru, serta menjadikan kulit lebih sehat. Selain itu, ikan berlemak juga mengandung koenzim Q10, yaitu vitamin yang berfungsi membantu pertumbuhan sel-sel, sekaligus melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

3. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan salah satu jenis makanan agar kulit halus. Hal tersebut disebabkan kandungan beta karoten, yaitu sejenis karotenoid yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mencegah kulit kering, kulit keriput, dan kulit terbakar sinar matahari. Dengan mengkonsumsi ubi jalar, kulit menjadi lebih sehat dan terlindungi.

Ubi jalar mengandung vitamin A, C, dan E yang baik untuk kesehatan kulit. Ubi jalar memiliki manfaat untuk melembabkan kulit, mencerahkan kulit serta menjaga elastisitas kulit. Anda dapat mengaplikasikan air hasil rebusan ubi jalar sebagai toner dan menyimpannya ke lemari es. Setelah dingin anda dapat mengoleskan ke seluruh permukaan kulit.

4. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu makanan sehat yang wajib anda konsumsi. Pada dasarnya brokoli mengandung nutrisi, seperti seperti zinc, vitamin A, dan vitamin C. Sayuran brokoli mengandung lutein yang membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif, penyebab kulit kering dan tampak keriput.

Selain itu, brokoli juga mengandung senyawa yang disebut sulforaphane. Sulforaphane bermanfaat baik dan memberikan efek proteksi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Senyawa ini juga bermanfaat karena dapat memelihara kadar kolagen dalam tubuh.

5. Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis makanan agar kulit halus. Makanan ini mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin C dan karotenoid, termasuk likopen. Likopen mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, tomat juga bermanfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan seperti kerutan. Anda dapat mengkonsumsi tomat secara langsung atau dengan mencampurkannya bersama sumber lemak baik, seperti keju atau minyak zaitun. Manfaat lemak dapat mengoptimalkan penyerapan senyawa-senyawa karotenoid.

Tomat menjadi salah satu bahan yang banyak ditemukan di produk kecantikan. Hal ini karena tomat memiliki beragam manfaat yang baik untuk kulit. Tomat dapat mencerahkan kulit wajah, menghilangkan bintik-bintik hitam, menyamarkan pori-pori, dan mencegah timbulnya jerawat. Apabila anda memiliki tipe kulit berminyak, anda dapat menggunakan masker tomat atau mengonsumsi tomat.

6. Tahu

Tahu merupakan sumber makanan yang bagus untuk kulit wajah. Makanan kedelai ini termasuk jenis makanan agar kulit halus. Hal ini dikarenakan, tahu memiliki isoflavon, yakni senyawa tumbuhan yang bagus untuk kulit. Menurut riset Journal of Nutritional Science and Vitaminology, responden wanita yang mengonsumsi kedelai isoflavon selama 8-12 minggu memiliki efek positif bagi kulit, yaitu mengurangi garis halus di wajah, meningkatkan elastisitas kulit, dan melindungi kulit dari radiasi sinar matahari.

Tahu memiliki sumber nutrisi, seperti protein, mineral, zat besi, kalsium, magnesium yang baik untuk kesehatan kulit. Tahu sangat baik bagi kesehatan kulit karena dapat mengencangkan otot kulit. Selain itu, mengkonsumsi tahu secara teratur juga dapat memperlambat proses penuaan.

7. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu jenis makanan sehat yang baik untuk kulit. Tidak hanya mengandung protein, yogurt ternyata juga mengandung probiotik. Makanan probiotik tersebut mengandung bakteri baik yang mampu melawan peradangan, dan masalah kulit, seperti jerawat, dermatitis atopik, hingga psoriasis. Probiotik juga dapat meningkatkan hidrasi kulit dan memperbaiki kulit kendur. Untuk menjaga kesehatan kulit, anda bisa mengkonsumsi yoghurt secara langsung setiap hari.

Demikian merupakan beberapa jenis makanan agar kulit halus. Bagi anda yang ingin mendapatkan kulit halus dan cerah, anda dapat mengkonsumsi beberapa rekomendasi makanan diatas. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.