Cara Mencegah Penuaan Kulit

Penuaan dini biasanya ditandai dengan munculnya keriput, kerutan, dan garis halus. Penyebab penuaan dini yaitu akibat paparan sinar matahari, kontraksi otot wajah yang berulang, posisi tidur kurang baik, dan kebiasaan merokok. Meskipun penuaan dini tidak bisa dihindari, anda bisa melakukan cara untuk mencegah penuaan kulit dini.

Pada umumnya, proses penuaan terjadi di usia 50 tahun ke atas. Seiring bertambahnya usia, jaringan kolagen dan elastin tubuh kian melemah. Akibatnya, elastisitas kulit pun berkurang sehingga tanda-tanda penuaan seperti keriput atau kerutan muncul. Akan tetapi, proses ini bisa saja terjadi lebih awal yang dikenal dengan istilah penuaan dini.

Ciri-ciri penuaan dini antara lain munculnya kerutan dan keriput, kulit mengendur, menipisnya kulit, kulit kering dan kasar, kulit mudah rapuh, dan kurangnya pigmen kulit yang membuat warna kulit menjadi pudar. Untuk mencegah munculnya tanda penuaan, anda bisa memperlambat kemunculannya dengan mengetahui penyebab dan cara mencegah penuaan kulit yang tepat.

Faktor yang Meningkatkan Risiko Penuaan Kulit

Berikut merupakan faktor yang dapat meningkatkan risiko kemunculan penuaan pada kulit. Diantaranya yaitu:

1. Kontraksi Otot Wajah Berulang

Hindari melakukan kontraksi otot wajah berulang. Hal ini karena ekspresi wajah secara berulang dapat meningkatkan faktor risiko penuaan dini. Misalnya, ketika anda sedang tersenyum, menyipitkan mata, menggosokkan mata, mengerutkan kening atau bibir.

2. Posisi Tidur

Tahukah anda? Posisi tidur bisa menjadi penyebab penuaan dini. Saat anda tidur dalam posisi menyamping, tekanan pada bantal bisa memunculkan garis-garis halus pada kening, pipi, dan dagu. Tanda penuaan ini tidak terjadi secara instan, namun membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk terlihat jelas. Apabila kulit mulai kehilangan elastisitasnya, garis-garis halus di wajah akan lebih mudah terlihat.

3. Pola Tidur yang Buruk

Selain posisi tidur, kurangnya waktu tidur  bisa membuat proses regenerasi sel tubuh jadi terganggu dan mempercepat kemunculan tanda penuaan kulit. Menurut studi Clinical and Experimental Dermatology, pola tidur yang buruk dapat meningkatkan risiko penuaan kulit dan rusaknya fungsi penghalang kulit (skin barrier).

4. Pola Makan Kurang Tepat

Pola makan yang kurang tepat bisa mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan dini. Menurut jurnal Dermato-Endocrinology, mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat olahan dan gula tinggi menjadikan kulit rentan rusak dan mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan.

5. Kebiasaan Konsumsi Alkohol dan Kafein

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat membuat tubuh dehidrasi. Jika hal tersebut dilakukan terus menerus, maka dapat menyebabkan kulit mengendur. Selain itu, konsumsi kafein berlebihan juga menjadi penyebab penuaan dini. Namun, sejumlah ahli masih belum yakin apakah mengkonsumsi kopi setiap hari dapat menyebabkan keriput.

6. Stres

Banyak faktor yang dapat memicu kondisi stres. Kondisi stres dapat meningkatkan faktor risiko penuaan dini pada kulit wajah dan tubuh. Saat anda mengalami stres, otak akan melepas hormon kortisol, yaitu jenis hormon yang dapat melemahkan kolagen sehingga membuat kulit lebih cepat tua sebelum waktunya. Disamping itu, tubuh akan memicu respons peradangan di dalam tubuh yang dapat merusak kebiasaan tidur Anda.

7. Faktor Lingkungan

Menurut jurnal Dermato-Endocrinology, tanda-tanda penuaan dini berupa bintik-bintik hitam dan keriput bisa semakin parah akibat paparan faktor lingkungan, seperti polusi udara atau udara yang sudah terkontaminasi. Faktor lingkungan bisa menyebabkan radikal bebas dan mempercepat munculnya tanda penuaan dini.

Cara Mencegah Penuaan Dini

Untuk menghindari penuaan dini, berikut merupakan cara mencegah penuaan dini agar wajah tampak awet muda.

1. Gunakan Sabun Pembersih Wajah Berbahan Lembut

Salah satu cara mencegah penuaan dini pada wajah yaitu dengan mencuci muka menggunakan sabun pembersih wajah yang lembut. Gunakan sabun cuci muka yang mengandung asam lemak esensial yang dapat menjaga kelembaban kulit. Selain itu, gunakan sabun pembersih wajah yang mengandung teh hijau untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Hindari terlalu keras dalam menggosok wajah karena bisa mempercepat terjadinya penuaan kulit.

2. Gunakan Sunscreen Dengan SPF Tinggi

Cara mencegah penuaan dini yang paling penting adalah dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebih, terutama bagi anda yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan. Untuk mencegah penuaan kulit, anda dapat mengoleskan sunscreen atau tabir surya dengan broad spectrum dan SPF 30 pada area kulit wajah dan kulit yang tidak tertutup pakaian. Oleskan tabir surya ke permukaan kulit tiap pagi dan siang hari, serta ulangi setiap 2 jam atau lebih sering untuk mencegah kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

3. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Mengandung Antioksidan

Bagi anda yang ingin mencegah penuaan kulit, gunakan produk perawatan kulit mengandung antioksidan dan peptida, seperti vitamin A, C, dan E, teh hijau, dan ekstrak biji anggur. Anda dapat mengaplikasikan produk tersebut di pagi hari sebelum menggunakan pelembap dan tabir surya

4. Lakukan Eksfoliasi Secara Rutin

Setiap 28 hari sekali, kulit secara teratur meregenerasi dengan cara melepaskan sel-sel yang mati. Sayangnya, proses tersebut semakin melambat seiring bertambahnya usia, sehingga membuat kulit terlihat kusam dan lebih tua. Untuk menghilangkan sel mati yang menumpuk dan mencerahkan kulit, lakukan eksfoliasi secara rutin seminggu sekali.

5. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Cara mencegah penuaan dini secara alami yakni dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, seperti sayur dan buah. Kedua jenis makanan tersebut dapat mencegah kerusakan kulit serta memperlambat kemunculan tanda penuaan. Contoh makanan yang dapat mencegah penuaan dini pada wajah, yaitu ikan berlemak, cokelat hitam, kaldu tulang, dan oats. Anda juga dapat menambah suplemen dengan kandungan lemak omega-3 untuk membantu menjaga kelembaban kulit dan mencegah keriput.

6. Hindari Minum Alkohol

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan bisa berdampak buruk pada kulit. Hal itu karena kulit menjadi dehidrasi dan rentan rusak. Selain itu, mengkonsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan anda tampak lebih tua. Oleh karena itu, hindari mengkonsumsi alkohol secara berlebihan.

7. Perbanyak Minum Air Putih

Kurangnya asupan cairan tubuh dapat menyebabkan tubuh dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, kulit akan terasa kering, kasar, bahkan bersisik saat digaruk. Akibatnya, tanda penuaan dini bisa semakin jelas terlihat. Mengonsumsi air putih yang cukup merupakan langkah yang tepat untuk mencegah penuaan dini. Pada umumnya, para ahli kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari.

8. Rutin Berolahraga

Berolahraga secara rutin merupakan cara yang alami untuk mencegah penuaan kulit. Dengan berolahraga, sirkulasi darah akan meningkat akibatnya sistem imun tubuh pun lebih kuat. Berolahraga juga membuat kulit terlihat awet muda.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.