Cara Alami Mengobati Jerawat

Cara Alami Mengobati Jerawat

Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang muncul di wajah dan bagian tubuh. Munculnya jerawat seringkali menimbulkan rasa sakit, tidak nyaman dan tidak percaya diri. Jerawat muncul ditandai dengan adanya komedo, papul, kista dan pustula. Apabila penanganan jerawat tidak dilakukan dengan benar, dapat mengakibatkan wajah menjadi parah, kusam, timbul noda hitam, dan bopeng.

Perawatan wajah secara konvensional yang tidak mengikuti anjuran dokter seringkali memiliki efek samping yang tidak diinginkan. Efek samping tersebut seperti kemerahan, kulit kering, dan iritasi. Tidak heran apabila banyak orang yang mengatasi permasalahan jerawat dengan bantuan dokter ahli kulit dan kecantikan. Selain menggunakan perawatan dokter, sebagian orang juga mencoba mengatasi jerawat dengan cara alami. Bagi anda yang ingin menghilangkan jerawat secara alami, berikut kami rekomendasikan beberapa cara alami mengobati jerawat.

1. Oleskan Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang memiliki daun berduri dan menghasilkan gel bening. Gel lidah buaya banyak dimanfaatkan untuk produk kecantikan seperti lotion, krim, salep dan sabun. Gel lidah buaya memiliki banyak manfaat, yaitu membantu menyembuhkan luka, mengobati luka bakar, dan melawan peradangan. Lidah buaya mengandung asam salisilat dan sulfur, yang mana digunakan dalam pengobatan jerawat.

Cara alami mengobati jerawat dengan lidah buaya yaitu kerok gel lidah buaya dengan sendok. Kemudian, oleskan gel secara langsung untuk membersihkan kulit sebagai pelembab. Ulangi perawatan tersebut 1–2 kali per hari, atau sesuai keinginan. Selain itu, anda juga bisa membeli produk kecantikan yang mengandung gel lidah buaya di toko kecantikan atau e-commerce.

2. Oleskan Bawang Putih

Bawang putih sangat baik untuk mengatasi jerawat karena mengandung antioksidan tinggi, memiliki sifat anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-virus. Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan bawang putih. Pertama, anda dapat mengkonsumsi bawang putih secara rutin untuk mendukung kesehatan secara umum, sekaligus memurnikan darah, yang dapat membantu menghentikan jerawat. Kedua, untuk hasil yang lebih cepat, anda dapat mengupas satu siung bawang putih, lalu gosokkan pada bagian yang berjerawat beberapa kali sehari. Apabila kulit anda sensitif, anda dapat menumbuk bawang putih beserta air.

3. Masker Putih Telur

Putih telur cukup efektif dalam menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Putih telur juga terbukti mengandung vitamin dan asam amino yang dapat meregenerasi kembali sel-sel kulit. Berikut cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan jerawat dengan masker putih telur. Pertama, pisahkan 3 putih telur dari kuningnya. Lalu, kocok putih telur selama 3 menit. Kemudian, oleskan putih telur ke area yang timbul jerawat. Setelah itu, tunggu putih telur mengering dan ulangi seluruh proses hingga 4 kali. Biarkan masker di wajah selama 20 menit. Terakhir, bilas masker hingga bersih dan oleskan pelembab untuk menetralkan kulit.

4. Konsumsi Makanan Sumber Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 adalah lemak yang sangat sehat dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu jenis produk asam lemak omega-3 yaitu minyak ikan. Minyak ikan mengandung dua jenis utama asam lemak omega-3, yaitu asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Asam EPA memiliki manfaat bagi kulit. Hal ini dikarenakan asam EPA dapat mengelola produksi minyak, mempertahankan hidrasi, dan mencegah jerawat.

Tingginya kadar EPA dan DHA telah terbukti dan mengurangi faktor peradangan, yang mana juga mengurangi risiko jerawat. Adapun makanan yang mengandung asam omega-3, antara lain: salmon, sarden, teri, kenari, biji chia, dan biji rami giling. Selain itu, anda juga dapat mengonsumsi asam omega-3 dari suplemen kesehatan.

5. Kelola Stres

Stress dapat mempengaruhi hormon untuk meningkatkan produksi sebum serta memicu peradangan kulit. Hal ini dapat membuat jerawat menjadi lebih buruk. Banyak penelitian yang telah mengaitkan stres dengan peningkatan keparahan jerawat. Selain itu, stres juga dapat memperlambat penyembuhan luka hingga 40 persen dan dapat memperlambat perbaikan lesi jerawat.

Perawatan relaksasi dan pengurangan stres tertentu cukup terbukti memperbaiki jerawat. Berikut beberapa cara mengurangi stres yang bisa anda terapkan. Pertama yaitu tidur cukup. Kedua, terlibat dalam aktivitas fisik. Anda juga dapat berlatih yoga dan mengatur pernapasan. Untuk penanganan lebih lanjut, anda dapat berkonsultasi dengan para ahli.

6. Berolahraga Teratur

Olahraga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Peningkatan aliran darah tersebut dapat membantu dalam menyehatkan sel-sel kulit, yang otomatis membantu mencegah dan menyembuhkan jerawat. Olahraga juga berperan penting dalam pengaturan hormon. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu mengatasi stres dan kecemasan. Untuk memulai hidup sehat, anda dapat berolahraga selama 30 menit 3-5 kali per minggu. Olahraga tersebut sangat bermacam-macam. Anda dapat berjalan, berlari, hiking, atau angkat beban.

7. Uap Wajah

Uap dipercaya dapat membantu mengatasi jerawat karena membantu membuka pori-pori, yang mencegahnya tersumbat. Selain itu, uap juga dapat melembabkan dan mendetoksifikasi kulit. Adapun cara menghilangkan jerawat dengan bantuan uap yaitu rebus air dalam panci kecil. Tuangkan air hasil rebusan ke dalam mangkuk. Kemudian, tambahkan herbal atau minyak esensial ke dalam air. Setelah itu, gantungkan handuk di atas kepala dan arahkan kepala anda di atas air selama kurang lebih 10 menit. Tutup mata dan tarik napas dalam-dalam. Terakhir, anda dapat menggunakan masker untuk menarik kotoran dari pori-pori di wajah.

8. Cuci Wajah Rutin

Salah satu cara alami mengobati jerawat yaitu mencuci wajah secara rutin. Mencuci wajah secara rutin bermanfaat baik dalam mengatasi jerawat dan menghilangkan kotoran akibat aktivitas yang padat. Anda dapat membersihkan wajah dua kali sehari dengan sabun pembersih wajah berbahan lembut. Selain itu, anda juga wajib membersihkan wajah setelah memakai make-up dan berolahraga. Hal ini untuk mengurangi timbulnya jerawat dan peradangan kulit.

Demikian cara alami mengobati jerawat yang dapat anda terapkan. Semoga informasi tentang cara alami mengobati jerawat bermanfaat untuk anda. Salam sehat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.