Kenali Bahaya Sinar Matahari Bagi Kulit

Bahaya Sinar Matahari Bagi Kulit

Pada Artikel ini kami akan membahas tentang bahaya sinar matahari bagi kulit. Sinar matahari atau yang lebih dikenal dengan sinar ultraviolet memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Salah satunya yakni untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Vitamin D berperan penting dalam proses pembentukan tulang, khususnya bagi pertumbuhan anak-anak. Dengan asupan vitamin D yang cukup, tulang menjadi lebih kuat dan sehat.

Bahaya Sinar Matahari Bagi Kulit

Bagi orang dewasa, vitamin D berperan penting untuk menjaga kepadatan tulang. Orang dewasa yang mengalami kekurangan vitamin D dapat menyebabkan tulang mudah keropos dan mengalami osteoporosis. Sinar matahari tidak hanya membawa manfaat baik, namun juga dapat memberikan efek negatif. Lantas, apa saja bahaya yang diakibatkan oleh sinar matahari untuk kulit? Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut merupakan bahaya sinar matahari bagi kulit.

Penuaan Dini

Seseorang yang terpapar sinar matahari dalam waktu lama justru mendapatkan efek negatif. Bagi anda yang suka berjemur, sinar ultraviolet bagus pada pagi hari sekitar pukul 07.00 – 10.00 dan matahari terbenam sekitar jam 15.00. Apabila seseorang terpapar sinar ultraviolet dalam waktu lama, maka dapat menyebabkan kulit mengalami proses penuaan dini lebih cepat. Hal tersebut dikarenakan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak jaringan serat kolagen dan elastin (lapisan dermis kulit). Paparan sinar ultraviolet yang terlalu lama dapat menyebabkan kulit menjadi keriput, kendur, dan pori-pori membesar.

Kulit Terbakar

Salah satu bahaya sinar matahari bagi kulit yaitu kulit terbakar atau sunburn. warna kulit menjadi lebih kemerahan dan bahkan terlihat seperti cokelat terbakar. Selain itu, efek sunburn dapat menyebabkan kulit menjadi lebih perih ketika disentuh. Radiasi ultraviolet dapat memicu reaksi inflamasi pada kulit yang dapat membahayakan kesehatan kulit. Kerusakan kulit tersebut juga dapat menyebabkan penuaan dini lebih cepat dan risiko kanker kulit.

Risiko Kanker Kulit

Selain efek penuaan dini, efek jangka panjang akibat radiasi sinar matahari bagi kulit yakni dapat menyebabkan risiko kanker kulit. Hal ini dikarenakan paparan sinar ultraviolet yang berlebihan dapat merusak materi genetik pada sel kulit. Sinar UVB dari matahari dapat merusak DNA dan mengganggu sistem kekebalan kulit. Selain itu, sinar UVA dapat menembus dan merusak membran sel kulit serta DNA. Kerusakan yang berkembang selama bertahun-tahun dan ditambah dengan pertambahan usia dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit, seperti karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma ganas.

Gangguan Mata

Selain kulit, sinar ultraviolet berlebihan juga dapat merusak mata. Sinar ultraviolet dapat menyebabkan rusaknya saraf pusat penglihatan dan macula, yaitu bagian retina di bagian belakang mata. Dalam jangka panjang, radiasi sinar matahari dapat menyebabkan mata menjadi katarak.

Berikut merupakan informasi tentang bahaya sinar matahari bagi kulit. Untuk menghindari risiko bahaya sinar matahari bagi kulit, yuk hindari paparan sinar matahari langsung.

Berikut merupakan tips-tips menghindari paparan sinar matahari langsung.

  • Gunakan sunscreen dan pelembab kulit dengan SPF minimal 30 sebelum beraktivitas di luar ruangan. Apabila anda sering beraktivitas di bawah teriknya matahari, and adapt mengoleskan sunscreen setiap 2-3 jam sekali. Sunscreen dapat melindungi wajah dari bahaya sinar radiasi dan mencegah penuaan dini. Hindari untuk keluar rumah sekitar jam 10 pagi hingga 3 sore, hal ini karena pancaran sinar ultraviolet sangat kuat dan dapat merusak jaringan kulit.
  • Bagi anda yang bekerja di luar ruangan, anda dapat mengatasinya dengan menggunakan payung, pakaian dan celana lengan panjang, masker, topi dan lainnya. Hindari untuk berpakaian gelap. Hal ini karena warna gelap dapat menyerap sinar matahari.
  • Untuk melindungi mata dari teriknya sinar matahari, anda dapat menggunakan kacamata anti radiasi yang dapat melindungi mata dari sinar ultraviolet.
  • Gunakan produk pelembab atau krim khusus untuk menjaga kelembaban dan regenerasi kulit kulit. Pemakaian pelembab juga bermanfaat untuk membuat kulit yang rusak menjadi cepat pulih dan membaik.

Bagi anda yang memiliki permasalahan pada kulit, anda dapat berkonsultasi dan melakukan perawatan kulit dan wajah ke dokter kecantikan. Dokter kecantikan akan melakuakn pemeriksaan dan memberikan saran serta melakukan treatment terbaik untuk anda. So, jangan pernah ragu untuk melakukan perawatan wajah ke klinik kecantikan.

Klinik Kecantikan D’She d’Beauty Aesthetics

Bagi anda yang ingin mencerahkan wajah cerah dan glowing, anda dapat mengunjungi klinik kecantikan D’She d’Beauty Aesthetics. Klinik kecantikan tersebut menawarkan berbagai macam pelayanan perawatan kecantikan sesuai dengan kebutuhan kulit wajah anda. Proses perawatan yang digunakan sangat aman dan sesuai dengan standar operasional prosedur kecantikan. Untuk mendapatkan wajah cerah, anda dapat melakukan perawatan kulit wajah, seperti: DNA Salmon Skin booster, Accu Toning Laser for Acne, Skin Lifting, Face Toning, dan lain-lain.

Klinik D’She d’Beauty Aesthetics sangat mengutamakan kenyamanan pelanggan. Kepuasan pelanggan adalah tujuan kami. Klinik D’She d’Beauty Aesthetics berupaya untuk melakukan treatment dengan pelayanan yang memuaskan. Apabila anda tertarik untuk melakukan perawatan wajah di klinik D’She d’Beauty Aesthetics, anda dapat mengunjungi website rumah facial untuk memilih jenis perawatan kulit. Selain itu, anda juga bisa mengunjungi klinik D’She D’Beauty Aesthetics secara langsung untuk bertanya dan berkonsultasi mengenai permasalahan kulit wajah anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.